Bahaya Kencing Tikus yang Harus Diwaspadai

Sama seperti hama lainnya, tikus juga termasuk hama yang sangat mengganggu dan membahayakan. Sebab, hewan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit, sehingga harus diwaspadai. Namun, mengusir hewan ini dari rumah bukan hal yang mudah karena tikus sangat pandai bersembunyi. Untuk membantu mengatasi keberadaan hewan ini di rumah, Anda bisa menggunakan jasa pest control Indonesia.

Bahaya Kencing Tikus yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Akibat Kencing Tikus

Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan oleh tikus adalah yaitu penyakit leptospirosis, yaitu penyakit yang muncul saat Anda terkena kontak dengan air yang tercemar kencing tikus dan mengandung bakteri Leptospira Interrogans.Secara umum, gejala yang biasanya terjadi adalah sakit kepala, muntah, demam, kulit kemerahan, mual, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak segera mengatasinya ketika gejala muncul, maka penyakit ini bisa membuat organ tubuh menjadi rusak. Misalnya seperti organ ginjal, hati, dan sejenisnya, sehingga dapat mengancam nyawa si penderita. Oleh sebab itu, penderita harus segera berobat secara tepat dan cepat saat merasakan adanya gejala.

Umumnya, penyakit ini akan menunjukkan gejala yang mendadak dalam 2 minggu setelah terjadi infeksi. Jika sudah berobat, maka penderitanya dapat pulih dalam 1 minggu. Ini karena terdapat imunitas tubuh yang akan membunuh infeksi tersebut.

Untuk mengobati infeksi yang terjadi karena Leptospirosis harus menggunakan obat antibiotik. Obat tersebut memiliki fungsi sebagai pembasmi bakteri. Selain itu, obat antibiotik juga bisa mengembalikan fungsi tubuh yang sempat bermasalah karena infeksi kencing tikus.

Bukan hanya obat antibiotik saja, namun obat pereda nyeri juga sering digunakan untuk mengatasi gejala awal. Misalnya seperti nyeri otot, demam, dan sakit kepala. Karena dalam pengobatannya harus menggunakan antibiotik, maka harus di bawah pengawasan dokter agar mendapatkan dosis yang sesuai.

Tindakan untuk Melawan Bahaya Kencing Tikus

Melihat indeks kencing tikus yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, maka Anda membutuhkan beberapa tindakan untuk menanganinya. Di antaranya sebagai berikut:

1. Hindari Air Tercemar

Sebisa mungkin hindari melakukan kontak dengan air yang tidak bersih, seperti air kali atau air sungai yang terlihat tidak bersih. Jika berada dalam situasi banjir, seandainya memungkinkan hindari kontak terlalu lama dengan air banjir dan segera bersihkan diri setelahnya.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Jika Anda melakukan aktivitas yang berhubungan dengan wabah tikus, maka segeralah mandi dan mencuci pakaian Anda dengan tepat. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri Leptospira interrogans.

Ternyata bahaya sekali ya dampak dari hewan pengerat ini. Jadi, segera usir tikus yang ada di rumah dan sebisa mungkin hindari kontak dengan air yang telah tercemar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *