Ide Konten Instagram Bisnis Di Bidang Kuliner Untuk Optimalkan Engagement

Instagram termasuk dalam platform social media yang banyak digunakan oleh anak muda saat ini, apalagi memang tampilannya menarik ditambah lagi dengan pilihan menunya yang lengkap, bahkan sekarang ini ada juga fitur khusus yang dimanfaatkan untuk bisnis. Sehingga tidak heran jika seandainya media social yang satu ini belakangan lebih banyak digunakan untuk kepentingan bisnis. Tentunya bisnis apapun bisa dipromosikan lewat platform tersebut. Banyak ide konten Instagram bisnis yang dapat Anda gunakan.

Kebanyakan mungkin memanfaatkan Instagram untuk kepentingan bisnis fashion serta kuliner. Apakah mungkin usaha kuliner bisa dioptimalkan engagementnya dengan memakai Instagram? Nyatanya sangat mungkin. Usaha di bidang kuliner memang termasuk bidang yang paling banyak peminatnya, karena memang termasuk bidang bisnis yang tidak akan pernah mati, hanya membutuhkan inovasi agar nantinya bisa terus berkembang, selain kegiatan pemasaran secara konvensional, sebenarnya juga dapat dibantu dengan pemasaran berbasis online, termasuk lewat social media.

Apalagi dengan social media ini area jangkauan target marketnya bisa jauh lebih luas dibandingkan dengan pemasaran konvensional semata. Namun juga harus dipastikan bahwa konten-kontennya tersebut cukup menarik, sehingga orang lain juga tidak akan segan untuk membukanya. Berikut ini ada beberapa ide konten Instagram bisnis khususnya di bidang kuliner yang bisa Anda coba, yaitu :

Ide Konten Instagram Bisnis Di Bidang Kuliner Untuk Optimalkan Engagement

1. Konsisten update foto makanan yang Anda jual, kebanyakan orang tidak bisa konsisten dalam upload foto di Instagram mereka, dimana mereka hanya fokus upload foto ketika ada menu baru saja, padahal followers harus dimanjakan atau dibiasakan dengan update secara rutin atau berkala, termasuk diantaranya adalah foto makanan apa yang Anda jual, entah itu signature disk atau mungkin menu paling laris yang dijual. Hal ini nantinya akan membuat calon konsumen menjadi penasaran dengan apa yang Anda jual tersebut.

2. Menunjukkan proses memasak, selain menu yang sudah jadi, maka tidak ada salahnya juga jika Anda ingin menunjukkan dapur atau proses memasak, hal ini juga digunakan untuk membuktikan bahwa makanan yang disajikan disana semuanya dimasak secara higienis dengan tempat yang bersih dan menggunakan bahan-bahan premium. Sehingga nantinya calon konsumen juga tidak akan ragu untuk mencobanya bukan.

3. Unggah promo terbaru, jika memang bisnis Anda termasuk yang sering mengadakan promo atau potongan harga, maka tidak perlu ragu jika seandainya nanti ingin mengunggah informasi terkait dengan promo yang ada. Biasanya unggahan semacam inilah yang menarik lebih banyak orang, karena memang tak jarang konsumen yang baru akan membeli dengan adanya tawaran potongan harga, apalagi di moment-moment tertentu terkadang pasti ada promo istimewa bukan.

4. Membuat konten komedi, bentuknya bisa meme atau mungkin video, apalagi sekarang ini cukup umum diantaranya bisnis kuliner yang membuat konten video dengan cast yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun pastikan bahwa konten komedi yang dibuat tersebut sesuai dengan target market Anda, sehingga yang melihatnya juga bisa nyambung dengan jokes yang dibuat tersebut, buat yang ringan-ringan saja sesuai dengan keseharian.

5. Mengadakan giveaway, agar jadi lebih populer dan mungkin nantinya akan membantu menambah followers, maka Anda bisa ikutan untuk membuat giveaway dengan syarat seperti harus follow dan ajak teman terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan membuat lebih banyak orang tahu tentang bisnis yang Anda jalankan tersebut.

6. Sertakan testimoni dari konsumen Anda, agar lebih meyakinkan lagi bisa juga dengan menyertakan testimoni dari pengunjung atau pelanggan Anda. Sehingga nantinya mereka juga jadi semakin penasaran dengan produk yang dijual tersebut.

7. Bekerjasama dengan influencer dan bagikan konten yang dibuat dengan mereka, ini juga termasuk cara yang ampuh untuk meningkatkan engagement, apalagi jika seandainya influencer tersebut memang memiliki banyak pengikut, karena akan semakin banyak orang yang melihat postingannya.

Bisa terapkan sendiri ide konten Instagram bisnis di atas, Anda bisa belajar lebih banyak tentang pemasaran secara digital untuk bisnis yang sedang digeluti saat ini, diantaranya dengan ikut pelatihan dari lembaga yang tepat, seperti diantaranya adalah Prasmul-ELI. Menawarkan banyak kelas pelatihan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *