Menelusuri Jejak Pengabdian PAFI Kabupaten Belu di NTT

Di balik gemerlapnya kemajuan kesehatan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, terdapat sebuah organisasi yang bergerak dalam sunyi, namun memiliki peran krusial yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kabupaten Belu (https://pafibelu.org/). Jauh sebelum hiruk pikuk pembangunan melanda, PAFI telah hadir sejak lama, mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat di bidang farmasi.

Sejarah PAFI tak lepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sejak proklamasi kemerdekaan di tahun 1945, para ahli farmasi Indonesia bahu membahu dengan berbagai elemen bangsa untuk mengusir penjajah dan membangun negara. Potensi mereka tak hanya terbatas pada tugas keseharian, tetapi juga aktif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dan farmasi.

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta, lahirlah sebuah organisasi yang menampung dedikasi para ahli farmasi: Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). PAFI hadir sebagai wadah pemersatu tenaga-tenaga yang berkarya di bidang farmasi, demi mewujudkan cita-cita bersama.

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berlandaskan Pancasila. Organisasi ini bersifat kekaryaan dan pengabdian, menempatkan profesionalisme dan dedikasi sebagai landasan utama.

Tujuan Mulia PAFI, Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera

PAFI tak hanya fokus pada pengembangan profesi farmasi, tetapi juga memiliki visi yang luas untuk masyarakat Indonesia. Empat pilar utama menjadi kompas langkah mereka:

Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

PAFI ingin berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang adil dan makmur, selaras dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.

Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

Kesehatan adalah hak fundamental bagi semua. PAFI bercita-cita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai program dan edukasi.

Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

Kemajuan farmasi adalah kunci untuk mewujudkan kesehatan yang optimal. PAFI berkomitmen untuk mendorong pengembangan dan peningkatan sektor farmasi di Indonesia.

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Tak lupa, PAFI juga memperhatikan kesejahteraan para anggotanya. Organisasi ini berusaha untuk meningkatkan taraf hidup dan memberikan peluang pengembangan diri bagi para ahli farmasi di Indonesia.

PAFI Kabupaten Belu, Dedikasi untuk Masyarakat Sehat di Belu

PAFI Kabupaten Belu merupakan salah satu cabang dari organisasi induk yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Belu, PAFI konsisten menjalankan misi mulia untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengembangkan profesi farmasi.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh PAFI Kabupaten Belu, seperti:

Seminar dan pelatihan

Memberikan edukasi dan pengetahuan terbaru kepada para ahli farmasi dan masyarakat luas tentang kesehatan dan obat-obatan.

Bakti sosial

Melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti penyuluhan kesehatan dan pemberian obat-obatan gratis.

Kerjasama dengan instansi terkait

Bekerjasama dengan dinas kesehatan, rumah sakit, dan apotek untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Belu.

Advokasi

Melakukan advokasi kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memperjuangkan kepentingan para ahli farmasi dan masyarakat luas di bidang kesehatan.

Lebih dari Sekedar Organisasi Profesi, PAFI Belu sebagai Pilar Kesehatan Masyarakat

PAFI Kabupaten Belu tak hanya berperan sebagai organisasi profesi, tetapi juga sebagai pilar penting dalam pembangunan kesehatan di Belu. Dedikasi dan kerja keras mereka telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mewujudkan cita-cita bangsa yang sejahtera.

Di tengah gempuran modernisasi dan kemajuan teknologi, peran PAFI Kabupaten Belu semakin terasa krusial. Kegigihan mereka dalam menjaga profesionalisme dan pengabdian patut menjadi inspirasi bagi kita semua. Mari kita dukung PAFI Kabupaten Belu dalam upayanya mewujudkan masyarakat Belu yang sehat dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *