Pasang WiFi di Rumah: Ini Dia Step by Step Lengkap

Bagi masyarakat modern, internet termasuk salah satu kebutuhan pokok. Maka, tidak heran jika makin banyak yang pasang WiFi di rumah. Terlebih lagi, sejak munculnya tren WFH (Work From Home) sejak pandemi COVID-19 beberapa tahun silam. Selain untuk kebutuhan kerja, penggunaan internet juga makin umum dalam kegiatan belajar mengajar.

Adanya WiFi di rumah juga merupakan solusi yang lebih efisien dari segi biaya, lho. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan kuota besar yang cukup untuk semua penghuni rumah dengan harga lebih murah. So, mau memasang WiFi di rumah? Simak caranya di sini, ya!

Cara Pasang WiFi di Rumah

  • Memilih Provider

Dalam memilih provider internet, ada beberapa pertimbangan yang wajib kamu perhatikan. Pertama, cakupan area layanan, kamu bisa mengecek ke website resmi provider untuk mengecek apakah lokasi rumahmu termasuk dalam cakupan area. Selain itu, kamu juga bisa mengecek ulasan pengguna mengenai kualitas koneksi internet di sekitar lokasi rumahmu. Kedua, mencari tahu paket internet, kecepatan, dan biaya langganan.

Langkah ini penting untuk menyesuaikan kebutuhan internet dengan ketersediaan anggaran. Cek juga fitur tambahan apa saja yang tersedia. Gimana, perlu rekomendasi provider internet rumah dengan fitur lengkap dan harga murah? Maka, Oxygen.id merupakan pilihan yang sempurna. Provider ini menggunakan 100% fiber optic dan modem WiFi untuk menyediakan koneksi internet dengan kecepatan hingga 100Mbps. Lancar banget buat streaming-an.

  • Menghubungi Pihak Provider

Setelah menentukan provider internet, kamu bisa langsung menghubungi pihak provider tersebut untuk melakukan pendaftaran. Kamu bisa mengunjungi kantor pelayanan terdekat atau membuka website resmi provider yang dipilih. Ada baiknya juga menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan untuk memasang WiFi, seperti kartu identitas (KTP/Paspor/SIM). Siapkan salinan kartu identitas dan kartu identitas asli untuk proses verifikasi.

  • Mengisi Formulir dan Memilih Paket

Selanjutnya, kamu perlu mengisi formulir pendaftaran. Pastikan memasukkan data dengan benar supaya tidak menimbulkan kendala di kemudian hari. Setelah itu, pilih paket internet yang kamu inginkan.

  • Membayar Tagihan Pertama

Setelah mendaftar dan memilih paket, kamu perlu membayar biaya langganan internet untuk pertama kali. Biasanya, ada tambahan untuk biaya administrasi selama proses pendaftaran. Bahkan, beberapa provider ada juga yang menambahkan biaya untuk pemasangan WiFi.

  • Membuat Janji dengan Teknisi

Pihak provider akan menginfokan mengenai jadwal kedatangan teknisi untuk melakukan pemasangan WiFi ke rumahmu. Sebaiknya sesuaikan waktu pemasangan saat kamu ada di rumah. Tujuannya supaya bisa memantau proses pemasangan secara langsung.

Itu dia cara memasang WiFi rumah yang bisa kamu terapkan. Mudah, bukan? Nah, buat kamu yang tidak mau repot, sebaiknya pilih provider yang menyediakan layanan pendaftaran via online sehingga kamu tidak perlu ke lokasi kantornya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *